Perkembangan Anak 8 Bulan Dari Segi Motorik dan Kognitif

Perkembangan Anak 8 Bulan Dari Segi Motorik dan Kognitif

Selain menunjukkan reaksi secara emosional, perkembangan anak 8 bulan juga ditunjukkan dari segi motorik dan kognitifnya. Walau perkembangan setiap bayi bisa berbeda-beda, namun secara umum, terdapat milestone yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur perkembangan sang buah hati. Apa sajakah itu?

Perkembangan Anak 8 Bulan

  1. Motorik

Ketika menginjak usia 8 bulan, tenaga bayi mulai bertambah sedikit demi sedikit. Otot-otot bayi juga akan menjadi lebih kuat dan kemampuan motoriknya meningkat. Pada usia ini, bayi sudah bisa menopang berat badannya dan berdiri sembari berpegangan pada kursi atau meja untuk menjaga keseimbangannya.

Kemampuan motorik lain yang kerap ditunjukkan bayi di usia 8 bulan, selain berdiri dan rambatan, ialah:

  • Mengambil dan memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya.
  • Duduk tegap tanpa sokongan.
  • Berguling dari depan ke belakang, ataupun sebaliknya.
  • Mampu bergerak mundur.
  • Mulai lancar menggerakkan kaki naik dan turun saat posisinya berdiri.
  • Menyendokkan objek benda dengan tangan terbuka.

Orang tua perlu terus mengawal perkembangan kemampuan motorik bayi dengan mengajaknya mencoba berbagai permainan. Anda dapat memberikan mainan bayi yang lembut dan memiliki tekstur beragam guna merangsang motorik mereka.

Pastikan pula untuk selalu mengawasinya dari benda keras atau berbahaya seperti meja dan kursi di dekat mereka agar tidak memicu cedera yang tidak diinginkan.

  1. Kognitif

Dari segi kognitif, perkembangan anak 8 bulan bisa terlihat dari minatnya yang mulai gemar mengenal barang-barang baru. Di usia ini, anak mulai belajar tentang konsep sebab-akibat. Misalnya saja dengan melempar sendok ke lantai saat sedang makan guna melihat konsekuensi yang akan diterimanya.

Bayi akan mulai mengenali posisi benda-benda di kamarnya. Sehingga saat mereka menyadari ada benda yang hilang dari posisi semulanya, mereka akan mencarinya. Pada tahap ini, bayi mulai memiliki benda favorit kesayangannya seperti boneka atau action figure.

Perkembangan bahasa bayi mulai lebih baik. Kata-kata seperti ‘bababa’ atau ‘mamama’ akan mulai terucap jelas dari mulutnya. Bayi juga sudah mulai memahami arti kata ‘tidak’. Mereka bahkan mulai jago menggunakan gerakan tangan saat berbicara.

Selain itu, terdapat beberapa perkembangan kognitif lain yang bisa dilihat pada bayi berusia 8 bulan seperti:

  • Memberikan reaksi saat diajak berbicara. Malah terkadang mereka membalasnya dengan mengeluarkan suara-suara.
  • Senang melihat pantulan dirinya dalam cermin,
  • Mulai mengenali wajah-wajah dari orang terdekatnya.
  • Merespon saat namanya dipanggil.
  • Mampu melihat objek yang diinginkan dari ruangan seberang.
  • Mulai mengerti kata-kata dasar yang kerap didengarnya.
  • Belajar tentang dunia sekitarnya lewat sentuhan dan indra perasa.

Perkembangan kognitif bayi bisa ditingkatkan dengan menaikkan intensitas komunikasi dengan si kecil. Sering-seringlah ajak mereka berbicara dan berikan mainan dalam warna beragam.

Mengamati perkembangan anak 8 bulan dari segi motorik dan kognitif anak seakan menjadi anugrah terbesar yang pernah diterima oleh orang tua. Setiap harinya selalu saja ada kejutan dari tindakan anak yang membuat orang tuanya girang tak karuan.

Parenting