Pengertian dan Contoh Kasus Asas Kewarganegaraan Umum

Pengertian dan Contoh Kasus Asas Kewarganegaraan Umum

Penting sekali sebagai warga negara untuk tahu dua point penting dalam penentuan status kewarganegaraan yang berlaku dalam sebuah negara di Dunia salah satunya adalah yang berlaku di Indonesia.

Dengan memahami ini, akan membuat kita lebih tau akan hukum negara kita dalam memberikan sebuah status bagi warga negaranya baik yang berstatus umum dan khusus.

Karena dari sisi pembangian asas kewarganegaraan ini dikenal dengan dua pembagian tadi. Bilamana masuk dalam warga negara khusus, dan bilamana masuk dalam kewaganeraan umum. Ke dua status ini sama sama di akui oleh negara secara sah sebagai warga negara Indonesia.

Mari kita bahas khusus asas kewarganegaraan umum saja karena ini yang paling dominan berlaku. Asas kewarganegaraan ini sendiri sudah diatur dalam UU tahun 2006 nomer 12 dimana terbagi menjadi dua jenis.

Yang pertama adalah Asas Kewarganegaraan Umum. Asas ini akan terbagi menjadi empat antara lain:

  1. Asas kelahiran (Ius Soli)

Semua asas ini sudah diataur secara sah dalam UUD negara Indonesia, dimana yang pertama bilamana dikatakan masuk dalam asas kelahiran jika menggunakan patokan dasar lokasi dimana anda di lahirkan.

Baca juga  : Pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli

Jika anda lahir di Amerika bisa jadi anda menjadi orang amerika, kemudian bila anda lahir di Malasysia bisa jadi anda menjadi orang ameria dari sisi Kewarganegaraan. Cukup jelas dan simple asas yang pertama ini.

  1. Asas keturunan (Ius Sanguinis)

Kemudian ada yang namanya asas keturunan ini adalah penentuan warganegara berdasarkan dari keturunannya. Bila anda terlahir dari keturunan Arab, kemudian ingin menjadi orang Arab sedangkan anda sedang berada di Indonesia maka ini bisa saja terjadi.

  1. Asas Kewarganegaraan Tunggal

Ini artinya kalian tidak bisa memiliki kewarganegaraan doble, misalkan kalian mau memiliki KTP Indonesia dan Singapore, maka ini tidak bisa pilih salah satunya. Maka dari itu kalau ada orang yang bisa lama tinggal di Negara lain, maka akan membutuhkan yang namanya Visa, ini adalah surat yang menyatakan ijin bekerja di sebuah negara dan ada batas maksimalnya kalau sudah sampai batas maksimal misalkan 2 tahun, maka otomatis anda disebut plancong dan harus tidak boleh lama lama tinggal di negara tersebut.

  1. Kewarganegaraan Ganda Terbatas

Ini biasanya terjadi pada anak anak menuju remaja, diamana sebelum usia genap 18 tahun dia dibebaskan menggunakan dua identitas sedangkan lebih dari itu harus bisa memilih salah satu.

Itulah sedikit ulasan yang kami kutip dari berbagai sumber yang ada di internet.

Lifestyle