Bagaimana Proses Perkembangan Bayi 3 Bulan

Bagaimana Proses Perkembangan Bayi 3 Bulan

Pertumbuhan bayi selalu menarik, termasuk perkembangan bayi 3 bulan. Pada usia ini, bayi sudah mulai meninggalkan masa newborn dan bersiap memasuki tahap perkembangan baru. Banyak hal terjadi selama periode baru dalam perkembangannya.

Perkembangan Bayi 3 Bulan: Keterampilan Motorik

Indikator pertama perkembangan bayi pada usia tiga bulan adalah keterampilan motorik. Pada saat ini, sebagian refleks bawaan bayi mulai menghilang. Salah satunya adalah refleks Moro yang sudah muncul sejak beberapa bulan pertama. Pada bayi berusia tiga bulan, Anda harus memperhatikan beberapa keterampilan motorik.

Menjelang usia 3 bulan, bayi sudah seharusnya memiliki kekuatan leher yang lebih baik. Saat diletakkan tegak, Anda akan melihat bahwa hampir tidak ada guncangan yang jelas pada leher menjelaskan bahwa leher sudah lebih kuat. Kekuatan tubuh bagian atas bayi dapat membuat tangan mampu menopang kepala dan dada sedangkan kekuatan tubuh bagian bawah cukup untuk meregangkan kaki dan menendang.

Perkembangan Bayi 3 Bulan: Tidur

Tidur merupakan salah satu indikator perkembangan bayi tiga bulan. Bayi baru lahir berusia 3 atau 4 bulan membutuhkan 14 hingga 17 jam tidur dalam 24 jam, biasanya bangun setiap dua hingga empat jam.

Sistem saraf bayi sudah matang dan perutnya bisa menampung lebih banyak ASI atau susu formula. Perubahan ini memungkinkan bayi tidur selama enam hingga tujuh jam sekaligus, yang berarti Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Jika bayi terbangun di tengah malam dan menangis, harap tunggu sekitar 30 detik sebelum pergi ke kamar bayi. Terkadang, bayi akan menangis beberapa detik sebelum tidur. Jika Anda pergi kepadanya dengan tergesa-gesa, bayi Anda tidak akan belajar tidur sendiri.

Jika tangisan bayi tidak berhenti, berikan ASI atau ganti popok dalam gelap jika memungkinkan, dan segera kembalikan ke boks bayi. Ini akan membuat bayi berpikir bahwa malam hanya untuk tidur. Jadwal tidur siang juga harus menjadi lebih rutin. Sebagai bagian dari perkembangan bayi berusia tiga bulan, bayi sekarang perlu tidur siang selama 1 1/2 hingga 2 jam setiap hari.

Perkembangan Bayi 3 Bulan: Komunikasi

Periode perkembangan bayi tiga bulan lainnya adalah ketika pendengaran dan penglihatannya mulai membaik. Bayi dapat menoleh dan tersenyum ketika mendengar suara Anda dan mereka juga dapat menikmati berbagai musik.

Bayi juga suka melihat mainan berwarna cerah karena kontras yang tajam. Bayi juga akan melihat dengan cermat bayangannya di cermin. Ini akan memudahkan para ibu berkomunikasi dengan si kecil karena bayi mulai bereaksi dan berhubungan dengan dunia di sekitarnya.

Untuk mendukung perkembangannya, orang tua memiliki peran yang sangat penting. Orang tua haruslah rutin merawat dan juga ibu yang rutin menyusui si kecil. Sering-seringlah bermain dengan si kecil, berikan mainan yang dapat merangsang perkembangan otaknya, mengajak bayi berbicara, dan lainnya. Ibu dapat mengunjungi https://parenting.orami.co.id/ juga untuk mendapatkan informasi kesehatan untuk si kecil.

Parenting