5 Cara Membuat Kopi Robusta yang Istimewa

5 Cara Membuat Kopi Robusta yang Istimewa

Kopi merupakan salah satu komoditi paling terkenal di Indonesia sampai ekspor ke berbagai negara. Sebagai negara tropis, budidaya tanaman kopi di Indonesia menghasilkan panen yang besar dengan kualitas rasa yang bagus. Salah satu andalan jenis kopi yang bisa menghasilkan panen lebih besar setiap waktu adalah kopi robusta.

Cara menyeduh kopi robusta supaya lebih enak

Setiap orang punya selera masing-masing dalam membuat kopi yang disukai. Ada orang yang suka citarasa kopi orisinal tanpa tambahan gula, tetapi ada yang suka kopi manis atau diberikan tambahan susu. Buat Anda yang suka kopi hitam atau campuran susu, wajib tahu cara menyeduh kopi robusta yang tidak menghilangkan citarasa orisinal berikut :

1.Memilih biji kopi dan menggilingnya dengan baik

Jika Anda lebih suka menikmati kopi yang berkualitas, maka pilih biji kopi yang benar-benar bagus. Lalu Anda bisa menggiling biji kopi dengan alat mill grinder untuk hasil yang lebih baik.

2. Bisa memilih penggilingan yang halus

Sebagian orang memang suka membeli bubuk kopi instan yang lebih praktis, tetapi Anda juga bisa melakukan penggilingan manual. Pilih metode penggilingan halus untuk menciptakan sensasi rasa kopi yang pahit. Kelebihan robusta yang lebih pahit dibandingkan arabica cocok untuk penyuka sensasi kopi yang pahit dan asam. Namun, Anda juga bisa memilih penggilingan kopi lebih kasar sesuai selera saja, ya!

3. Memperhatikan kualitas dan suhu air

Pastikan Anda menggunakan air minum yang berkualitas, alih-alih air penyulingan untuk menciptakan seduhan kopi yang lebih nikmat. Segelas kopi terasa nikmat bila menggunakan perbandingan yang tepat, misalnya 150 ml air panas untuk satu gram bubuk kopi.

Pastikan Anda menggunakan air rebus yang didiamkan selama kurang lebih satu menit untuk menurunkan suhu air mendidih. Idealnya kopi akan memberikan rasa nikmat bila diseduh dengan air bersuhu sekitar 94-96 derajat celcius saja.

4. Teknik menyeduh kopi yang baik

Setelah menuangkan air panas ke dalam kopi, biarkan bubuk kopi menyatu dengan air selama beberapa saat sebelum Anda mengaduknya. Jika Anda menggunakan alat French Press, maka diamkan selama 2-3 menit lebih dulu.

5. Menikmati kopi selagi hangat

Menikmati kopi saat hangat merupakan hal paling didambakan para pecinta kopi, tetapi ada pula yang suka dengan kopi dingin, bahkan es kopi. Namun, Anda harus tahu bahwa es kopi atau kopi dingin memiliki kadar kafein yang meningkat. Jika berencana begadang,

Anda bisa memilih opsi ini, ya! Anda wajib tahu bahwa biji robusta bisa menghasilkan kadar kafein lebih dari 2 persen, sedangkan arabica hanya sekitar 1 persen jika berencana melek semalaman.

Yuk, coba praktikkan cara menyeduh kopi robusta di rumah sendiri! Menikmati secangkir kopi yang hangat sembari bercengkrama bersama orang tercinta di masa pandemi, kenapa tidak?

Others