4 Kegiatan Diet Gula Yang Menyehatkan Bagi Anak

4 Kegiatan Diet Gula Yang Menyehatkan Bagi Anak

Anak cenderung menyukai makanan yang memiliki rasa manis. Mereka menyukai makanan seperti permen, gulali, coklat hingga ragam jelly yang dihidangkan. Bahkan minuman yang mereka konsumsi juga mengandung banyak gula seperti susu formula, boba, capcin dan sejenisnya yang mengandung pemanis buatan dalam minuman tersebut. Konsumsi minuman dan makanan yang mengandung banyak gula akan menurunkan kesehatan tubuh dan membuat metabolisme dalam tubuh menjadi berantakan. Kejadian ini tidak baik untuk kesehatan pertumbuhan anak yang terjadi.

Konsumsi gula pada anak memang diperbolehkan namun sesuai dengan kebutuhan harian tubuh anak. Dimana konsumsi gula pada anak yang disarankan adalah 4 sendok makan atau setara dengan 50 gram per harinya. Konsumsi pada orang dewasa pun sama yakni 6 hingga 9 sendok teh per harinya. Aturan ini ada dalam anjuran Kementerian Kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung kesehatan mereka.

Anak yang mengkonsumsi banyak gula akan mengalami pemburukkan kesehatan dan mengalami penyakit seperti obesitas, penglihatan kabur, tidak semangat beraktivitas hingga mengidap diabetes sedari dini. Dalam mencegah kegiatan tersebut terjadi, ada baiknya melakukan kegiatan diet gula jika anak sudah memiliki beberapa gejala kelebihan gula. Kegiatan diet gula juga dapat dilakukan untuk mencegah pemburukkan kesehatan. Berikut merupakan 4 kegiatan diet gula yang mudah dilakukan :

  1. Memilih produk makanan rendah gula

Produk makanan dalam kemasan, kini banyak yang menambahkan pemanis alami dalam setiap takaran sajinya. Susu formula pun ada yang menggunakan pemanis tambahan ke dalam produk mereka untuk menunjang rasa. Ada baiknya anda memperhatikan label kemasan produk sebelum membeli produk. Kalian juga dapat mengonsumsi makanan dengan logo Pilihan Sehat yang sudah teruji nutrisinya.

  1. Menggunakan pemanis alami

Gula putih mengandung kalori yang tinggi. Konsumsi gula putih yang banyak akan menyebabkan pengurangan kesehatan. Konsumsi gula alami seperti madu, palm sugar, maupun gula rendah kalori dapat menunjang kesehatan keluarga anda. Namun, penggunaan gula harus tetap dikontrol sesuai anjuran.

  1. Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi

Mengonsumsi makanan rumahan yang terjamin nutrisi dan kebersihannya akan menunjang kesehatan. Makanan rumahan cenderung mengurangi penggunaan pemanis buatan, penyedap hingga bahkan MSG. Takaran gula yang diberikan dalam makanan rumahan juga tentunya masih dalam batas diterima sehingga akan lebih menyehatkan dan menunjang diet gula yang dilakukan.

  1. Memperbanyak minum air putih dan berolahraga

Mengonsumsi air putih dibandingkan dengan konsumsi minuman manis akan menyehatkan tubuh anak dan mengurangi dana yang digunakan untuk jajan. Perbanyak air putih akan menyehatkan organ tubuh anak. Selain itu, anda dapat mengganti cemilan anak dengan cemilan sehat seperti buah – buahan. Kegiatan olahraga juga menunjang metabolisme dalam tubuh sehingga komponen jahat dalam tubuh tumbang.

Kesehatan