Tips Agar Tie Dye Tetap Awet

Tips Agar Tie Dye Tetap Awet

Ada beberapa pakaian yang masih bagus, tapi sudah tak muat lagi dikenakan, Anda bisa memanfaatkannya kembali untuk hal lain. Misalnya, baju atau sweter yang sudah usang bisa menjadi sarung bantal dan selimut atau seprai tua menjadi tempat tidur hewan peliharaan. Kamu juga bisa memberikan aksen baru pada kaos tersebut dengan cari cara membuat tie dye untuk kaos.

Tapi, tahukah kamu bahwa tie dye itu juga bisa luntur? Nah, lakukan tips ini yuk biar hasil tie dye kamu lebih awet.

Cuci manual

Disarankan untuk tidak mencuci kaos tie dye dengan mesin cuci.Untuk menghindari rusaknya kain, sebaiknya cuci kaos tie dye menggunakan tangan sehingga anda bisa mengontrol kecepatan dan banyaknya detergen yang dipakai.

Penggunaan deterjen yang tak terkontrol berpotensi untuk membuat pewarna pada kaos menjadi luntur dan lama-kelamaan menghilang.

Jangan mengucek dan memeras terlalu keras

Sebaiknya jangan mengucek dan memerasnya terlalu keras dan bersemangat karena bisa saja itu membuat hasil dari tie–dye menjadi luntur. Jadi, sebaiknya mencucinya cukup dengan diangkat dan dicelup-celupkan aja, ya?

Bilas dengan air bersih

Jangan lupa bilas dengan menggunakan air bersih. Kemudian, keringkan dengan cara menggantungkannya ditempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung

Panasnya matahari dapat menyebabkan warna menjadi rusak dan semakin pudar. Oleh karena itu, usahakan untuk menjemur pakaian secara alami dengan tidak menempatkannya di bawah terik matahari langsung.

Lifestyle